Apakah Yesus Buta Huruf ??


Banyak para ahli memperdebatkan hal ini,  banyak yang beranggapan bahwa Yesus buta huruf.  Mungkin Yesus mengenal dan bisa menyusun bebeberapa kata,  namun tidak di level seotang ahli kitab profesional.

Pendapat itu di respon dengan sangat berani oleh orang Kristen,  bahw Yesus tidak buta huruf,  Yesus adalah Anak Allah dan tidak ada yang mustahil baginya.
Pada masa kanak-kanak Yesus adalah seorang murid yang cerdas,  ia berbincang-bincang dengan para imam dan para imam itu takjub atas apa yang di katakan Yesus.
Sebagai seorang manusia Yesus belajar,  bertumbuh,  dan remaja Ia melanjutkan dagang keluarga-Nya. 

Ibrani 5:8 Yesus belajar menjadi taat dari apa yang di derita-Nya,  dan kita mengetahui bahwa Yesus mengosongkan diri-Nya sendiri dan mengambil rupa seorang hamba (Filipi 2:7).
Sebab itu pertanyaan apakah Yesus buta huruf adalah pertanyaan yang sah,  namun secara teologia,  mau Yesus buta huruf atau tidak,  tidak akan mempengaruhi penggenapan Allah.
Banyak bukti yang di Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus Melek huruf.

Lukas 4:16-30 ''Menyatakan bahwa Yesus membaca dari gulungan kitab Yesaya dan kemudian menyampaikan khotbah.Yoh 8:6 Yesus membungkuk dan menulis di tanah dengan Jari-Nya.Yoh 7:15
Beberapa orang di Yerusalem terheran-heran"bagaimanakah orang ini mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar. 

Secara harafiah kita bisa mengartikan "bagaimana ia mengenal huruf-huruf,  tanpa belajar (belum belajar)". Hal ini memyimpulkan bahwa Yesus melek huruf. Bukti kisah injil menunjukkan Yesus melek huruf,  namun tingkat pelajarnya tidak di ketahui.

Namun dalam kitab perjanjian Lama yang mengatakan orang yahudi harus mengajarkan hukum taurat kepada anak-anaknya (UL: 6:9). Di sini kita bisa melihat bagaimana mengajarkan hukum taurat meningkatkan kemelekan huruf. 

Menurut para ahli abad pertama bahwa membaca hukum taurat meningkatkan pendidikan dan kemelekan huruf (Josepus, Against Apion). 

Terminologi Guru dan murid menunjukkan kemelakan Yesus,  Yesus di panggil guru(rabi). Dalam kehidulan orang Yahudi sulit untuk mengatakan bahwa seorang rabi buta huruf yang di kelilingi murid-murid yang berdebat tentang Alkitab dan penafsirannya dengan rabi-rabi dan ahli Taurat lain.

(Mrks 2:25; Mat 12:3)  perdebatan Yesus dengan orang faris tentang murid-muridnya yang memetik gandum pada hari sabat.  Yang di menangkan oleh Yesus karena Hikmat-Nya tentang Alkitab.

(Mrks 12:10)  Yesus dan orang saduki tentang Kebangkitan,  yang di balas Yesus dalam (Mrks 12:26)
Serta dengan diskusi Yesus dengan Nikodemus yang merupakan seorang rabi tentang bagaimana mendapatkan hidup yang kekal,  Yesus bertanya balik,  Apa yang tertulis dalam hukum taurat?  (Luk 10:26).

Kalimat yang mengatakan apakah kamu pernah membaca,  menunjukkan kemelekkan Yesus terhadal huruf.  Di dalam Kisah-kisah Injil tentang kemelakkan Yesus tidak pernah di permasalahkan.
Kesimpullannya bahwa seberapa pun tingkat kemelekan pada zaman itu,  kecenderungannya lebih besar bahwa Yesus bisa membaca. 

Tidak ada permasalah tentang kemelekkan Yesus,  karna itu tidak mempengaruhi tentang Karya Keselamatan yang di berikan-Nya. GodBless

0 Response to "Apakah Yesus Buta Huruf ??"

Posting Komentar